AUTHOR GUIDELINES

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI dalam PENDIDIKAN

1. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan menerbitkan kajian ilmiah dan hasil penelitian tentang teknologi pendidian berbasis TIK (ICT) dalam pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di Indonesia secara luas mencakup kegiatan pendidikan yang bercirikan adanya proses pembelajaran untuk pengembangan individu dan masyarakat, dalam setting keluarga, persekolahan, organisasi social, atau dunia kerja.

2. Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain sebelumnya. Artikel yang pernah disajikan dalam suatu forum, misalnya seminar, harus disebutkan forumnya

3. Penulisan naskah mengunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah antara 15-20 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1,5 spasi, program Microsoft Word, tipe huruf Times New Roman, font size 12.

4. Struktur Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut:

(a)  Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimum 13 kata dan harus mencerminkan substansi kependidikan yang diuraikan pada batang tubuh artikel.

(b)  Nama penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya dibawah judul; penulis dapat individu atau tim semua penulis dicantumkan.

(c)   Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal dan alamat e-mail yang letaknya di bawah nama penulis.

(d)  Abstrak: ditulis dengan dua bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, satu alinea yang panjangnya antara 150 hingga 300 kata. Abstrak artikel hasil penelitian terdiri dari tujuan, metode dan hasil.

(e)   Kata Kunci/Keywords: diisi kata/istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, terdiri atas beberapa buah kata/istilah dan disebut dalam abstrak. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal, baik untuk bahasa Indonesia maupun bahasa inggris (keywords).

(f)   Isi Artikel dari tugas akhir atau hasil penelitian terdiri atas: (1) Pendahuluan, yang memuat latar belakang masalah, kajian teori, rumusan masalah, tujuan penelitian; (2) Metode, menginformasikan secara ringkas materi dan metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi populasi, sampel dan subyek penelitian, model penelitian, model statistic, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yang akan diukur, teknik pengumpulan data dan  teknik analisis data, (3) Hasil dan Pembahasan, berisi hasil penelitian yang disajikan secara ringkas dan dapat didukung tabel, grafik atau gambar sesuai kebutuhan, untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal. Pada bagian pembahasan berisi analisis dan pembahasan hasil penelitian secara ringkas, dikaitkan dengan teori yang digunakan;  (4) Penutup, yang terdiri dari Kesimpulan (ditulis ringkas dan harus menjawab masalah penelitian) dan Saran (ditulis ringkas saran-saran berdasarkan hasil penelitian). (5) Ucapan Terima Kasih, ditujukan kepada pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian/perolehan pendanaan dan narasumber; (6) Daftar Pustaka, diutamakan dari sumber primer dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk didalam artikel.Penulisan daftar pustaka menggunakan APA Style.

Buku:

Lofland, L. (1999). A World of Strangers: Order and action in urban public space. New York: Basic Books.

Lofland, L & Taylor, I (1999). The New Criminalogy: For a social theory of deviance. New York: Harper & Row.

Lofland,L., Young, J. & Taylor, I (1999). The new criminology: For a social theory of deviance. New York: Harper & Row.

Lofland, L., et.al. (1999). The new criminology : for a social theory of deviance. New York: Harper & Row.

Jurnal:

Hart, D., Keller,M., Edelstein, W., & Hofmann, V. (1998). Childhood personality influence on social-cognitive development: A longitude study. Journal of Personality and Social Psychology, 74, 1288-1289.

Mellers, B. A. (2000). Choice and the relative pleasure of consequences. Psychological Bulletin, 50 (2), 49-52.

Tesis/Disertasi/Seminar/Proceeding:

Smith A.B. (1999). Anlysis of interaction process and sociometric relatins developed during theraphy with offenders on probation. :Unpublished doctoral dissertations. New York: New York University.

Sumber Online:

Van Wagner, K. (2006). Guide to APA format. About Psychology. Diakses November 16, 2006, dari http://psychology.about.com/od/apastyle/guide\

Behaviour modivication. (2007). Diakses pada 5 Februari 2009, dari http://www.educational-psycologist.org.uk/behaviour.html

Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun, dan halaman. Contoh: (Mitchel, 2015: 53), atau Michel (2015: 53). Rujukan lewat pengarang kedua sedapat mungkin dihindari. Misalnya: Menurut Brown (dalam Nurgiyantoro, 2011:177).

5. Artikel dikirim dalam bentuk file (MS Word) secara daring melalui http://jurnal.unimed.ac.id untuk Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan,  dengan mekanisme registrasi sebagai author pada system OJS (diwajibkan mulai terbitan tahun 2017).

6. Artikel yang masuk ke meja redaksi dibaca dan direkomendasi oleh mitra bestari serta direviu dan diseleksi oleh redaktur. Artikel dapat: (1) diterima tanpa perbaikan, (2) diterima dengan perbaikan, dan (3) ditolak.

7. Artikel yang dinyatakan diterima akan diumumkan dan akan dipublikasikan pada volume, nomor dan tahun publikasi yang ditentukan,  melalui email pengirim (author).

8. Untuk keperluan komunikasi dapat pula dilakukan melalui email dan nomor kontak yang disediakan dalam jurnal.